Kuliner di Bogor Yang Terkenal dan Harganya Terjangkau

Sam Traveler - Kuliner di Bogor Yang Terkenal dan Harganya Terjangkau sering banyak di kunjungi olah traveler lokal dari Jakarta, selain untuk berlibur saat weekend, juga menikmati kuliner di kota Hujan.

Kuliner di Bogor Yang Terkenal dan Harganya Terjangkau


Karena Bogor merupakan salah satu kota yang populer untuk tujuan wisata. Kota ini terkenal dengan dengan pemandangan indah di puncak dengan suasana yang sejuk. 


Tapi tidak hanya objek wisata, rekomendasi kuliner Bogor pun jadi andalan untuk traveler yang ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman di Bogor.


Saat berkunjung ke Kota Hujan, kalian harus menyempatkan diri untuk mencicipi sejumlah rekomendasi kuliner Bogor berikut ini. Seperti laksa, tauge goreng, dan juga asinan.


Selain enak dan terkenal kuliner Bogor ini juga menawarkan harga yang cukup ramah di kantong. Anggaran kalian sebagai traveler dijamin tak akan bengkak untuk mencoba berbagai menu makanan berikut ini.


1. Laksa Bogor Pak Inin


Laksa merupakan makanan perpaduan dari Melayu dan Tionghoa yang cukup mudah ditemukan saat di Bogor. Laksa biasanya berisi ketupat, bihun, tauge, dan kuah kental kaya rempah. 


Bedanya, laksa Bogor memberi tambahan oncom merah dan potongan telur rebus sebagai pelengkap. Kalian bisa menemukan kuliner ini di salah satu warung laksa legendaris bernama Warung Laksa Pak Inin di Jl. Raya Cihideung, Desa Palasari, Cijeruk Bogor.


2. Sop Buntut Mak Emun


Rekomendasi kuliner Bogor yang wajib kalian cicipi selanjutnya adalah sop buntut yang cocok disantap di tengah hawa sejuk bogor. Kalian bisa mendapatkan kelezatan semangkuk sop buntut di warung legendaris milik Mak Emun. 


Dikatakan legendaris karena warung tersebut memang sudah berdiri sejak 1960-an. Sop Buntut Mak Emun bisa kalian datangi di Jalan Jenderal Sudirman No. 48, Bogor Tengah, Bogor.


3. Tauge Goreng Hj Omah


Tauge goreng jelas menjadi rekomendasi kuliner Bogor yang tak boleh kalian lewatkan. Jika kalian mencari tempat makan legendaris untuk menyantap kuliner yang satu ini, Tauge goreng Hj Omah jawabannya.


Warung ini sudah berdiri sejak tahun 70-an ini akan menyuguhkan tauge yang dicampur mie, kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari oncom merah, tauco dan kecap manis.


4. Bakso Kikil Pak Jaka


Bakso Kikil Pak Jaka menjadi salah satu rekomendasi kuliner Bogor yang legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1993. Jika kalian merupakan penyuka bakso, silakan mampir ke Jalan Surya kencana No 287. 


Warung ini buka pukul 09:00 dan tutup saat bakso sudah habis. Bakso ini dianggap spesial karena menggunakan kikil empuk yang berasal dari bagian betis sapi sehingga mudah dikunyah.



5. Soto Mie Mang Ohim


Sebagai rekomendasi kuliner Bogor malam hari, soto mie merupakan menu yang cukup mudah ditemukan. Salah satu warung yang bisa kalian datangi adalah Soto Mie Mang Ohim yang berlokasi di Jalan Taman Cimanggu No 22, Kedung Waringin. 


Tempat wisata kuliner di Bogor ini buka pukul 08:00-20:00 setiap harinya. Satu porsi soto mie berisi mi, bihun, wortel, kentang, lobak, kikil, dan potongan risol. Selanjutnya disiram kuah bening dan disajikan dengan bawang goreng dan potongan daun bawang.


6. Sate Sumsum Pak Oo


Sate Sumsum Pak Oo merupakan rekomendasi kuliner Bogor malam hari yang cukup unik untuk kalian cicipi. Jika biasanya sate identik dengan daging ayam atau daging kambing, Pak Oo justru menjual sate yang juga berasal dari sumsum bahkan ginjal yang telah dimasak. 


Setiap porsi sate ini berisi 10 tusuk. Kalian juga bisa mengkombinasikan antara sate sumsum dan sate ginjal saat memesannya.


7. Ayam Goreng Cipo


Ayam yang digoreng dengan taburan serundeng di atasnya akan membuat malam hari kalian di Bogor terasa makin nikmat. Untuk mendapatkan kuliner yang satu ini kalian bisa datang ke Ayam Goreng Cipo di Jl. Raya Gunung Batu No.24 Bogor (Samping Nasi Kapau Gunung Batu). 


Tempat makan Ayam Goreng Cipo buka dari jam 17.00-24.00.



8. Asinan Bogor


Rekomendasi kuliner Bogor yang paling terkenal adalah asinan. Bagi kalian yang mungkin belum tahu, asinan Bogor bisa berisi sayur, buah, atau keduanya. Buah yang biasa digunakan untuk asinan Bogor adalah bengkuang, salak, jambu, dan nanas. 


Buah dan sayur tersebut akan disiram dengan kuah yang terbuat dari sari pati cabai merah. Kombinasi tersebut akan membuat hidangan ini memiliki rasa pedas sekaligus segar. Jika kalian ingin mencicipinya, ada salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi yang terletak di Jl. H. Juanda No. 90 Bogor.


9. Asinan Gedung Dalam


Selain terkenal sebagai kawasan bersejarah, Gedung Dalam juga memiliki wisata kuliner berupa asinan Bogor. Tempat ini terletak di Jalan Siliwangi No 27, Bogor Timur. 


Asinan Gedung Dalam ini yang menawarkan dua jenis asinan (buah dan sayur), dan buka setiap jam 09:00-21:00.


10. Asinan Jagung Bakar Pak Sabur


Tak hanya sayur dan buah, rekomendasi kuliner Bogor berupa asinan juga memiliki varian berupa jagung bakar. Asinan jagung bakar berisi jagung bakar pipil yang dicampur dengan kacang tanah goreng dan potongan mentimun. Campuran tersebut kemudian disiram kuah cuka yang pedas. 


Salah satu penjual asinan jagung bakar yang terkenal adalah Asinan Jagung Bakar Pak Sabur yang berada di Jl. Surya Kencana, Gang Aut, Bogor.


Itu dia rekomendasi kuliner di Bogor yang terkenal enak dan harganya terjangkau untuk traveler Jakarta dan sekitarnya, jangan lupa share artikel ini ke media sosial favorit kamu ya, Terimakasih.





LihatTutupKomentar