Makanan Khas 17 Agustus

Sam Traveler - Karena pandemi viru corona masih belum berakhir, jadi saya mau bahas makanan khas 17 agustus yang biasanya di hidangkan untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 agustus.

Makanan Khas 17 Agustus

Apa saja makanan khas hari kemeredekaan Indonesia 17 agustus? setiap daerah punya ciri makanan tersendiri dan punya sejarah mengenai makanan tersebut, dalam hal ini sam traveler ingin sedikit membahas mengenai makanan khas 17 agutsus yang biasa di sajikan.

1. Tumpeng

Tumpeng adalah salah satu makanan yang harus ada ketika hari kemerdekaan Indonesia berlangsung, biasanya di sajikan pada malam hari setelah selesai melakukan aktivitas kegiatan lomba 17 agustusan.

Sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Indonesia dengan membuat nasi tumpeng untuk dimakan bersama, baik nasi tumpeng merah putih maupun nasi tumpeng dari nasi kuning, semua di perbolehkan untuk di hidangkan pada saat 17 agustus.

2. Kerupuk

Salah satu kulier yang banyak di gemari masyarakat Indonesia, dan di jadikan sebagai lomba pada hari kemerdekaan 17 agustus adalah kerupuk, biasanya kerupuk di makan sebagai lauk pendamping agar makan menjadi lebih meriah.

Khusu pada hari kemerdakaan, kerupuk menjadi salah satu makanan khas 17 agustus, di gantung pada tali panjang kemudian di buat lebih tinggi agar peserta lomba makan kerupuk bisa memulai lomba makankerupuk tersebut, untuk yang menang biasanya akan mendapatkan hadiah dari panitia.

3. Carabikang

Cara bikang merupakah salah satu kuliner nusatara yang biasanya ada di acara 17 agustusan, dengan berbagai macam jajanan pasar lainnya, cara bilang biasanya di hidangkan dengan warna merah putih, meskipun terkadang ada juga yang menggunakan warna hijau.

Carabikang masih tetap eksis sampai sekarang, biasanya untuk harian kamu bisa mendapatkannya di pasar tradisional, pasti ada yang menjual kue carabingkang ini, harganya sangat terjangkau dan untuk cemilan.

4. Bubur Merah Putih

Bubur merah putih biasanya digunakan pada saat pemberian nama bayi, tapi di gunakan juga sebagai makanan khas 17 agustus sebagai wujud rasa syukur masyarakat Indonesia atas kemerdekaan yang telah di raih oleh para pejuang sebelumnya.

5. Klepon Merah Putih

Jajanan pasar kelpon merah putih merupakah salah satu kuliner yang wajib ada pasa perayaan kemerdekaan 17 agustus, namun dalam sehari-hari klepon biasanya berwarna hijau, di jual bersama dengan kue putu dan kadang juga di jual terpisah di pasar tradisional.

Sebagai makanan khas nusantara dengan harga yang cukup murah dan merakyat, kelpon bisa membantu perjuangan para pahlawan pada masa itu, karena para pahlawan butuh makann yang cepat dan mengenyangkan, sehingga dibuatlah klepon untuk menambah semangat para pejuang pada jaman dulu. 

6. Tiwul

Jaman dulu pada saat perjuang kemerdekaan belum memiliki stock beras, nasi tiwul merupakan salah satu andalan pengganti nasi, karena untuk mendapatkan beras cukup sehingga terkadang harus di ganti dengan tiwul.

Tiwul sendiri terbuat dari singkong yang di jemur sampai kering kemudian di parut halus, lalu di masak seperti nasi, kemudian di sajikan dengan lauk seperti urap, tempe goreng, dan kerupuk.

Demikian informasi mengenai makanan khas 17 agutsus yang bisa saya sajikan, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahun kamu, tetap semangat merayakan hari kemerdekaan dengan mejaga kesehatan.
LihatTutupKomentar