Budget Jalan-Jalan Ke Bandung Cuma 500 Ribu

Siapa bilang jalan-jalan ke Bandung itu mahal? Meski Bandung memiliki beragam daya tarik, kamu tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang. Hanya dengan uang sebesar Rp500.000, kamu bisa puas jalan-jalan di Bandung. Penasaran gimana caranya? Sini Bob kasih tahu.



Rencanakan jalan-jalan kamu dengan matang

Jalan-jalan tanpa rencana memang asyik. Kamu bisa melakukan apa saja dan ke pergi mana saja dengan spontan, tergantung apa yang akan terjadi nanti.

Akan tetapi, jalan-jalan dengan cara seperti itu membutuhkan waktu dan uang yang lumayan, sedangkan kamu hanya memiliki uang sebesar Rp500.000 kali ini.

Kamu nggak perlu merencanakan sampai terlalu rinci. Kamu cukup membuat rancangan berapa lama kamu akan tinggal dan tempat apa saja yang akan kamu kunjungi. Dan satu hal lagi, trasnportasi apa yang akan kamu gunakan.

Kalau rencana jalan-jalan kamu sudah dibuat dengan matang, saatnya kamu berangkat menuju Bandung.

Pilih transportasi yang tepat


Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk bisa sampai ke Bandung. Kamu bisa datang menggunakan pesawat terbang, kereta api, atau kendaraan pribadi.

Untuk pesawat terbang, sebaiknya kamu coret dari daftar kamu karena satu tiket pergi saja sudah bisa menghabiskan seluruh uang kamu. Lain kali saja ya kalau anggarannya lebih banyak.

Nah, sekarang kereta api. Tidak seperti pesawat terbang, moda transportasi yang satu ini masih bisa dijangkau dengan anggaran sebesar Rp500.000.

Jika kamu berangkat dari Stasiun Gambir, misalnya, menuju ke Stasiun Bandung, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp110.000 untuk kelas ekonomi. Itu baru untuk perginya.

Untuk tiket pulang, kamu masih perlu mengeluarkan biaya yang sama, jadi total Rp220.000 untuk transportasi. Kamu masih punya uang sekitar Rp280.000 lagi untuk menginap dan jalan-jalan.

Tapi, kalau itu masih terlalu mahal, Bob punya satu saran lagi nih masalah transportasi. Kamu bisa sangat menghemat biaya keberangkatan dengan cara menebeng.

Kalau kamu punya kenalan yang kebetulan ada keperluan ke Bandung, kamu bisa banget minta tolong mereka untuk menampung kamu sampai ke Bandung. Lumayan kan, Rp110.000 jadi bisa kamu simpan.

Kalau kamu beruntung, kamu bisa ikut teman kamu pulang. Tapi kalau enggak, kamu harus mengalokasikan dana untuk tiket kereta pulang sebesar Rp110.000

Estimasi biaya:

Kereta api: Rp220.000 (tiket pulang pergi), sisa Rp280.000

Nebeng: Rp110.000 (tiket pulang atau pergi saja), sisa Rp390.000

Tempat menginap yang murah dan nyaman